Thursday 3 October 2024

Polresta Yogyakarta Amankan Sterilisasi Bong Suwung oleh KAI Daop 6 Yogyakarta

 


Kamis (03/10/2024), Personel Polresta Yogyakarta, dipimpin oleh Kabag Ops Kompol Sumanto, melaksanakan pengamanan dalam kegiatan sterilisasi kawasan Bong Suwung yang berada di emplasemen bagian barat Stasiun Yogyakarta. Sterilisasi ini dilakukan oleh PT KAI Daop 6 Yogyakarta sebagai bagian dari komitmen untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api.

 

Penertiban tersebut melibatkan berbagai pihak, termasuk perwakilan manajemen dan pekerja KAI Daop 6 Yogyakarta, TNI, Polri, Satpol PP, PLN, dan Damkar. Sebanyak 400 personel dikerahkan untuk mendukung kelancaran proses sterilisasi kali ini.

 

EVP Daop 6 Yogyakarta, Bambang Respationo, menjelaskan bahwa sterilisasi area Bong Suwung ini sangat penting untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta api, sejalan dengan tema HUT ke-79 KAI, Safety and Sustainability. "Kondisi di sini sangat rawan kecelakaan, mengingat frekuensi dan kecepatan kereta api yang semakin meningkat. Selain itu, situasi ini juga membahayakan keselamatan warga yang bermukim di kawasan ini," ujar Bambang.

 

Bambang juga menambahkan bahwa area Bong Suwung yang berada di emplasemen Stasiun Yogyakarta merupakan lokasi dengan banyak aktivitas langsiran kereta api. Dengan dilaksanakannya sterilisasi, diharapkan akan tercipta lebih banyak ruang untuk kegiatan operasional kereta api, sehingga memperlancar arus transportasi.

 

Ke depannya, KAI Daop 6 Yogyakarta berencana melakukan pemekaran emplasemen untuk memperlebar jarak antar rel, sekaligus memungkinkan pengembangan peron stasiun. Hal ini diharapkan dapat mengurangi penumpukan penumpang di Stasiun Yogyakarta yang terus meningkat serta meningkatkan keselamatan penumpang saat menunggu di peron.

 

Bambang juga menyampaikan bahwa material sisa sterilisasi akan dipindahkan ke luar Kota Yogyakarta agar tidak membebani lingkungan setempat. "Kami bersyukur proses sterilisasi berjalan lancar, berkat kesadaran dan dukungan warga yang memahami pentingnya kegiatan ini untuk kepentingan bersama," tambahnya.

 

Di akhir penyampaiannya, Bambang mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan membantu kelancaran sterilisasi. "Kami berharap kawasan ini akan menjadi lebih baik dan dapat mempercantik pintu masuk Kota Yogyakarta," tutupnya. (Humas Polresta Yogyakarta)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top