Thursday 19 September 2024

Sosialisasi Netralitas ASN, TNI, dan Polri Digelar di Mergangsan, Jaga Integritas Pilkada

 


Dalam rangka menjaga integritas Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Yogyakarta tahun 2024, Panwascam Mergangsan menggelar sosialisasi netralitas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Mufakat Kemantren Mergangsan pada Rabu (18/9/24).

 

Kapolsek Mergangsan, AKP Fitri Anto Heri Nugroho, S.H., hadir dalam kegiatan tersebut bersama para ASN Kemantren Mergangsan, anggota Koramil, serta perwakilan dari berbagai instansi dan kelurahan.

 

Dalam paparannya, Reno Setiawan dari BPKPSDM Kota Yogyakarta menekankan pentingnya netralitas bagi ASN, TNI, dan Polri. "Netralitas bukan hanya kewajiban, tetapi juga jaminan agar pelaksanaan pemilihan berjalan dengan jujur, adil, dan demokratis," ujar Reno.

 

Reno menjelaskan bahwa ASN, TNI, dan Polri harus menjaga jarak dari segala bentuk kegiatan politik praktis. Pelanggaran netralitas dapat berakibat fatal, mulai dari sanksi administratif hingga pidana. Beberapa contoh pelanggaran yang sering terjadi adalah ikut kampanye, mendukung calon tertentu, atau menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan politik.

 

"Netralitas adalah kunci untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah," tegas Reno.

 

Kapolsek Mergangsan  menyambut positif sosialissi ini, Kapolsek berharap dengan adanya sosialisasi ini, kesadaran akan pentingnya netralitas semakin meningkat. "Kami akan berupaya untuk menjaga netralitas dan menjalankan tugas sesuai dengan peraturan yang berlaku," ujar Kapolsek.

 

Dengan terselenggaranya sosialisasi ini, diharapkan Pilkada Yogyakarta 2024 dapat berjalan lancar, aman, dan demokratis." (Humas Polsek Mergangsan)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top