Tuesday 3 September 2024

Polsek Jetis Amankan Upacara Adat Kirab Budaya Saparan di Cokrodiningratan

 


Polsek Jetis Polresta Yogyakarta  mengamankan jalannya upacara adat Kirab Budaya Saparan yang berlangsung di Kelurahan Cokrodiningratan, Kemantren Jetis, Kota Yogyakarta, Minggu (1/9/2024).

 

Upacara yang diadakan pada Minggu, 1 September 2024 ini menampilkan Kirab Budaya 1.000 apem dan lemper sebagai bagian dari tradisi Saparan.

 

Upacara ini merupakan bagian dari rangkaian acara budaya yang dilakukan setiap tahun untuk merayakan tradisi dan memperkuat tali persaudaraan antarwarga. Kirab tersebut melibatkan ratusan peserta yang mengenakan pakaian adat dan membawa Gunungan Apem dan Lemper yang dikawal pasukan Bregada.

 

Polsek Jetis mengamankan acara tersebut, mulai dari pembukaan sampai dengan kirab Gunungan Apem dan Lemper, memastikan bahwa kirab berjalan dengan lancar dan aman. Selain itu, pihak kepolisian juga mengatur lalu lintas sepanjang rute yang dilalui.

 

Disampaikan oleh Kapolsek Jetis Kompol Wahyu Sudadi, S.H.,M.A.P bahwa Polsek Jetis mendukung kegiatan masyarakat dalam melestarikan tradisi budaya lokal yang ada di masyarakat.

 

" Kita tempatkan personel Polsek Jetis di sepanjang rute Kirab untuk memastikan kegiatan Kirab Budaya Saparan berlangsung aman, tertib dan lancar ", pungkasnya.

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top