Tuesday 10 September 2024

Polresta Yogyakarta Luncurkan Inovasi SIM Drive Thru, Perpanjang SIM Jadi Lebih Cepat dan Mudah

 


Satlantas Polresta Yogyakarta terus berupaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Kali ini, Satlantas meluncurkan inovasi terbaru berupa layanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) A melalui sistem drive thru. Layanan ini resmi dibuka di Mal Pelayanan Publik Kota Yogyakarta yang berlokasi di Kompleks Balaikota.

 

Kasatlantas Polresta Yogyakarta, Kompol Maryanto, menjelaskan bahwa layanan drive thru ini bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses perpanjangan SIM A. "Dengan layanan ini, masyarakat tidak perlu lagi antre lama dan keluar dari kendaraan untuk mengurus perpanjangan SIM. Semua proses dapat dilakukan di dalam mobil," ujar Kompol Maryanto, Jum'at, 06 September 2024.

 

Proses perpanjangan SIM A melalui drive thru sangat mudah. Pemohon hanya perlu membawa persyaratan yang telah ditentukan, seperti surat keterangan dokter, hasil uji psikologi (bisa melalui E-Psikologi dan E-Kesehatan Polri), fotokopi SIM A, dan fotokopi KTP.

 

Setelah itu, pemohon akan melalui beberapa tahap, mulai dari pendaftaran di loket, pembayaran, identifikasi, hingga pengambilan foto untuk SIM baru. Seluruh proses ini diperkirakan hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit.

 

Layanan drive thru SIM A ini dibuka setiap hari kerja mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan ini, disarankan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui website SIM Jogja. Setelah mendaftar, pemohon akan mendapatkan petunjuk lebih lanjut mengenai lokasi dan waktu pelaksanaan layanan.

 

Manfaat Layanan Drive Thru SIM A yaitu Efisien, Praktis dan Modern. Dengan adanya layanan drive thru SIM A ini, diharapkan dapat meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kepolisian dan mendorong masyarakat untuk selalu taat pada peraturan lalu lintas. (Humas Polresta Yogyakarta)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top