Wednesday 4 September 2024

Mergangsan Gencarkan Imunisasi JE, Kapolsek Ajak Masyarakat Sukseskan

 


Dalam upaya mencegah penyebaran penyakit radang otak Japanese Encephalitis (JE), Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Kecamatan Mergangsan menggelar program imunisasi massal. Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Manunggal Kemantren Mergangsan ini mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk Kapolsek Mergangsan AKP Fitri Anto Heri Nugroho, S.H.

 

Pargiyat, Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan, menjelaskan bahwa program imunisasi ini akan berlangsung mulai tanggal 3 hingga 28 September 2024. "Berbagai persiapan telah dilakukan, mulai dari pendataan warga hingga koordinasi dengan puskesmas dan petugas imunisasi," ujar Pargiyat.

 

JE merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Culex. Penyakit ini dapat menyebabkan gejala ringan hingga berat, seperti demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah, hingga kejang. Pada kasus yang parah, JE dapat menyebabkan kerusakan otak permanen bahkan kematian.

 

"Yang perlu digarisbawahi adalah hingga saat ini belum ada obat khusus untuk menyembuhkan JE. Namun, penyakit ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin," tegas Pargiyat.

 

Anak-anak berusia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun menjadi sasaran utama dalam program imunisasi ini. Hal ini dikarenakan anak-anak lebih rentan terhadap infeksi JE dan risiko komplikasi yang lebih tinggi.

 

Kapolsek Mergangsan, AKP Fitri Anto Heri Nugroho, S.H., turut mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam program imunisasi ini. "Mari kita sukseskan program imunisasi JE ini. Dengan imunitas yang kuat, kita dapat melindungi diri dan keluarga dari ancaman penyakit ini," ajak Kapolsek. (Humas Polsek mergangsan)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top