Monday 26 August 2024

Polresta Yogyakarta Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Praja Progo 2024 untuk Pengamanan Pilkada

 


Dalam rangka mengamankan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Yogyakarta menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Progo 2024 di Balai Kota Yogyakarta pada Senin pagi, 26 Agustus 2024. Apel yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta, Ir. Sugeng Purwanto, M.M.A., ini menjadi momentum dalam memastikan keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada.

 

Hadir dalam apel tersebut Forkopimda Kota Yogyakarta, termasuk Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Aditya Surya Dharma, S.I.K, M.H., serta seluruh jajaran personel gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, Linmas, dan stakeholder terkait lainnya..

 

Apel ditandai dengan penyematan pita yang dilakukan oleh PJ Walikota Yogyakarta kepada perwakilan personel dari masing-masing Satuan Tugas (Satgas), sebagai simbol kesiapan seluruh pihak yang terlibat dalam pengamanan Pilkada.

 

Ir. Sugeng Purwanto, M.M.A., dalam amanatnya yang membacakan pesan tertulis dari Kapolresta Yogyakarta, menekankan bahwa apel gelar pasukan merupakan pengecekan akhir kesiapan personel dan sarana prasarana dalam Operasi Mantap Praja 2024, yang diharapkan dapat memastikan Pilkada 2024 berjalan dengan aman dan lancar.

 

"Operasi Mantap Praja Progo 2024 akan dilaksanakan mulai 27 November 2024 secara serentak di seluruh Indonesia, dengan tujuan mengamankan seluruh tahapan Pilkada," ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Ir. Sugeng Purwanto menekankan pentingnya sinergi antara Polri, TNI, Satpol PP, dan instansi terkait lainnya dalam mengamankan 651 tempat pemungutan suara di Kota Yogyakarta. Jumlah pemilih yang tercatat dalam daftar pemilih sementara mencapai 321.273 orang, dan tugas pengamanan ini tidak lepas dari berbagai tantangan dan potensi kerawanan, termasuk perbedaan aspirasi politik serta latar belakang etnis dan agama.

 

Beliau juga menyampaikan beberapa poin penting, seperti pentingnya kesiapan perlengkapan, pelaksanaan pengamanan secara profesional, dan pentingnya menjaga kesehatan personel selama operasi panjang ini. "Kedepankan komunikasi publik dan upaya cooling system, agar masyarakat dapat berpartisipasi penuh dalam Pilkada dan terhindar dari polarisasi," tambahnya.

 

Apel gelar pasukan ini ditutup dengan ucapan terima kasih dan selamat bertugas kepada seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Mantap Praja Progo 2024. "Mari kita laksanakan tugas ini dengan penuh dedikasi demi mengamankan Pilkada 2024," tutupnya. (Humas Polresta Yogyakarta)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top