Tuesday 20 August 2024

Pelaku Pencurian Motor di Gondomanan Ditangkap, Modus Operandi yang Cerdik Terbongkar

 


Polsek Gondomanan berhasil mengungkap kasus pencurian sepeda motor Yamaha Nmax yang terjadi di kawasan Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta pada 13 Agustus 2024. Korban, SN (62 tahun), kehilangan sepeda motor yang diparkir di dalam rumah dalam kondisi terkunci dengan sistem keyless.

 

Dalam konferensi pers yang digelar di Mapolsek Gondomanan pada Selasa, 20 Agustus 2024, Kapolsek Gondomanan Kompol Suwardi, S.Pd, S.H., didampingi Kasihumas Polresta Yogyakarta AKP Sujarwo, mengungkapkan bahwa pelaku, RR (36) warga Bengkulu, ternyata merupakan penyewa kos di rumah korban. Pelaku berhasil mengambil kunci keyless dan STNK korban beberapa minggu sebelum kejadian pencurian, menunjukkan bahwa aksinya telah direncanakan dengan matang.

 

Pada malam kejadian, sekitar pukul 23.30 WIB, pelaku mencuri sepeda motor korban yang diparkir di dalam rumah. Kejadian baru diketahui oleh pembantu rumah tangga korban pada keesokan harinya sekitar pukul 01.30 WIB. Setelah menerima laporan dari korban, Tim Reskrim Polsek Gondomanan langsung melakukan penyelidikan intensif, termasuk memeriksa tempat kejadian perkara (TKP), menginterogasi saksi-saksi, dan mengecek rekaman CCTV.

 

Berdasarkan informasi yang diperoleh, polisi berhasil melacak keberadaan pelaku di daerah Ngadirejo, Kabupaten Temanggung. Pelaku ditangkap pada 14 Agustus 2024 sekitar pukul 17.20 WIB saat melintas di sekitar Pasar Ngadirejo. Barang bukti yang berhasil diamankan meliputi sepeda motor Yamaha Nmax milik korban, dua kunci keyless Yamaha Nmax, STNK dan BPKB sepeda motor, serta helm Gojek.

 

Kapolsek Gondomanan menyatakan, pelaku memanfaatkan kepercayaan korban sebagai penyewa kos untuk melancarkan aksinya. Dengan mencuri kunci keyless dan STNK secara diam-diam, pelaku berhasil membawa kabur sepeda motor korban.

 

Karena perbuatanya tersangka dikenai Pasal 363 Ayat 1 Ke 3 e KUHPidana, dengan ancaman Hukuman Paling Lama 7 tahun.

 

Kasus ini menjadi pengingat bagi masyarakat untuk selalu waspada terhadap orang-orang di sekitar, meskipun mereka terlihat akrab. Modus operandi yang dilakukan pelaku menunjukkan adanya perencanaan matang dan eksploitasi celah keamanan.

 

Kasihumas Polresta Yogyakarta AKP Sujarwo menghimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati, memasang CCTV di sekitar rumah, dan menggunakan kunci tambahan selain kunci keyless. Jika terjadi tindak pidana, segera laporkan ke pihak kepolisian terdekat. (Humas Polsek Gondomanan)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top