Friday 26 July 2024

PSN di Gunungketur: Bersama Cegah DBD



Dalam upaya mencegah terjadinya wabah Demam Berdarah Dengue (DBD), personil Polsek Pakualaman mengikuti kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di wilayah Kelurahan Gunungketur pada Jumat, 26 Juli 2024.


Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 30 peserta ini dipimpin langsung oleh Lurah Gunungketur, Ibu Sunarni. Para peserta dibagi menjadi dua tim untuk memeriksa sejumlah rumah warga. Hasilnya, dari total 50 rumah yang diperiksa, ditemukan ada sekitar 7 sarang nyamuk.


"Kami sangat mengapresiasi kesadaran warga dalam mengikuti kegiatan PSN ini," ujar Ibu Sunarni. "Dengan kerja sama yang baik, kita bisa mencegah terjadinya wabah DBD di wilayah kita."


Kapolsek Pakualaman, AKP Suharyanta, menambahkan bahwa kegiatan PSN merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan masyarakat. "DBD merupakan penyakit yang berbahaya, namun dapat dicegah dengan cara yang sederhana, yaitu dengan melakukan 3M," jelasnya.


Untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti, masyarakat diimbau untuk selalu menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Selain itu, masyarakat juga perlu waspada terhadap gejala awal DBD seperti demam tinggi, nyeri sendi, dan ruam merah.


"Jika mengalami gejala tersebut, segera periksakan ke fasilitas kesehatan terdekat," imbau AKP Suharyanta. (Humas polsek Pakualaman)


Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top