Tuesday 23 July 2024

Polsek Mergangsan Berikan Bimbingan Penyuluhan kepada Siswa Baru dalam Kegiatan MPLS di SMA Bopkri 2 Yogyakarta

 


Memasuki tahun ajaran baru 2024/2025, Polsek Mergangsan memberikan bimbingan penyuluhan kepada siswa baru dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di berbagai sekolah di wilayah hukum Polsek Mergangsan.

 

Kali ini, Selasa, (23/7/24) pagi, penyuluhan dilaksanakan di SMA Bopkri 2 Kota Yogyakarta dengan narasumber Kapolsek AKP Fitri Anto Heri Nugroho, S.H., Kanit Binmas AKP Mayar Samiyati, dan Panit Binmas Aiptu Edi Suharyanto.

 

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek menyampaikan materi tentang "Pencegahan Bullying di Lingkungan Sekolah". Kapolsek pertama-tama menekankan bahwa banyaknya kejadian bullying yang saat ini sedang viral sering terjadi di lingkungan sekolah. Untuk itu, guna mencegah terjadinya aksi tersebut, perlu dilakukan pengawasan bersama melalui peran seluruh siswa, guru, staf, dan semua yang berada di lingkungan sekolah.

 

"Saling memberikan pengawasan dan terus-menerus mensosialisasikan dampak adanya aksi bullying bisa mengurangi perbuatan tersebut. Bullying bisa terjadi di berbagai lingkungan, seperti sekolah, tempat kerja, atau dalam konteks online (cyberbullying)," ujar Kapolsek.

 

Kapolsek juga menjelaskan jenis-jenis bullying yang perlu diwaspadai:

 

1. Fisik: Melibatkan kekerasan secara langsung, seperti memukul, menendang, atau melakukan kontak fisik lainnya.

 

2. Verbal: Menggunakan kata-kata untuk menyerang, seperti menghina, mengejek, atau mengancam.

 

3. Sosial: Menyebarkan rumor, mengucilkan, atau merusak hubungan sosial seseorang.

 

4. Cyberbullying: Melakukan bullying melalui media sosial, pesan teks, atau platform online lainnya.

 

Untuk mengatasi bullying di lingkungan sekolah maupun masyarakat, Kapolsek mengajak para siswa untuk selalu membuka komunikasi dan menjalin kerjasama yang baik dengan semua pihak, termasuk orang tua, guru, dan masyarakat.

 

"Banyaknya pengaruh media sosial melalui internet, dimana banyaknya kejadian yang melibatkan remaja usia sekolah juga perlu diwaspadai dengan selalu menekankan kepada seluruh siswa supaya melakukan kegiatan-kegiatan yang positif yang bisa membawa dampak yang baik, baik di lingkungan sekolah maupun di rumah," tambah Kapolsek.

 

Penyuluhan ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan kesadaran kepada siswa-siswi baru tentang pentingnya menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan bebas dari bullying, serta mendorong mereka untuk berperan aktif dalam mencegah dan mengatasi bullying di sekolah. (Humas polsek Mergangsan)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top