Tuesday 23 July 2024

Kapolsek Gedongtengen Imbau Orang Tua Manfaatkan PIN Polio untuk Pemenuhan Hak Anak

 


Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kesehatan gencar melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio, dimulai hari ini, Selasa 23 Juli 2024. Sasaran utama program ini adalah anak-anak usia 0 sampai 7 tahun di seluruh wilayah Kota Yogyakarta, termasuk Kemantren Gedongtengen.

 

Kasus polio erat kaitannya dengan cakupan imunisasi yang rendah dan tidak merata. Oleh karena itu, PIN Polio di Kemantren Gedongtengen menargetkan cakupan 100% untuk memastikan semua anak terlindungi dari penyakit mematikan ini.

 

"Sasaran PIN Polio adalah anak usia 0 sampai 7 tahun atau 8 tahun kurang 1 hari, tanpa memandang riwayat ataupun status vaksin sebelumnya," jelas Kepala Puskesmas Gedongtengen, dr. Arief Budiyanto.

 

Mulai hari ini, Puskesmas Gedongtengen berkolaborasi dengan Jajaran Kemantren Gedongtengen untuk menjadwalkan kepada peserta sesuai undangan untuk hadir ke pos PIN Polio yang berlokasi di Pendopo Kemantren Gedongtengen Yogyakarta.

 

Setiap sasaran akan mendapatkan dua kali vaksin dengan jarak 2 sampai 4 minggu setelah vaksin pertama. "Semua sasaran harus tervaksin dua dosis lengkap," tegas dr. Arief.

 

Proses sweeping atau penyisiran oleh Puskesmas dibantu para kader Posyandu akan dilakukan untuk memastikan semua anak mendapatkan vaksin. "Bagi yang tidak datang sesuai jadwal undangan atau saat itu si anak masih sakit, akan didatangi atau dikumpulkan di Puskesmas pada hari yang sama," lanjutnya.

 

Syarat anak untuk mendapatkan vaksin dalam PIN Polio adalah: Usia 0 sampai 7 tahun. Sedang dalam kondisi sehat. Tidak demam ataupun batuk pilek parah. Dan Tidak diare.

 

Bagi anak dengan kondisi khusus seperti HIV, kanker, atau penurunan imunitas, tetap bisa mendapatkan vaksin polio dengan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli atau Puskesmas setempat.

 

Kapolsek Gedongtengen, Kompol Eka Andy Nursanto, S.H.,M.H., menghimbau kepada para orang tua untuk memanfaatkan PIN Polio ini sebagai bagian dari pemenuhan hak anak. "Silakan datang sesuai jadwal dan waktu yang telah ditentukan," ujarnya.

 

Bagi anak di luar sasaran yang sedang berkunjung atau bertamu di wilayah Kota Yogyakarta juga bisa mengakses vaksin polio, dengan syarat belum divaksin pada periode PIN Polio di daerah asal.

 

Mari bersama lindungi anak-anak dari polio dengan mengikuti PIN Polio di Kemantren Gedongtengen. Vaksin polio aman, gratis, dan penting untuk kesehatan anak. (Humas Polsek Gedongtengen)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top