Tuesday 23 July 2024

Bhabinkamtibmas Aiptu Didik Sosialisasikan Pencegahan Bullying di MPLS SD Negeri 1 Tukangan

 


Panit Binmas Polsek Pakualaman dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Gunungketur, Aiptu Didik, menjadi narasumber dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SD Negeri 1 Tukangan, Pakualaman Kota Yogyakarta, pada Senin pagi (22/7/24).

 

Dalam kesempatan tersebut, Aiptu Didik menyampaikan materi tentang bullying atau perundungan kepada para siswa baru dan siswa kelas dua hingga kelas 6. Beliau menjelaskan pengertian bullying, jenis-jenis bullying, dampak bullying, dan cara mencegah terjadinya bullying.

 

Aiptu Didik mengatakan bahwa bullying adalah perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang dengan maksud untuk menyakiti atau merugikan orang lain. Bullying dapat terjadi secara fisik, verbal, maupun emosional.

 

Dampak bullying terhadap korbannya bisa sangat besar, baik secara fisik maupun mental. Korban bullying dapat mengalami depresi, kecemasan, rasa takut, dan bahkan bunuh diri.

 

Oleh karena itu, Aiptu Didik menekankan pentingnya pencegahan bullying di lingkungan sekolah. Beliau mengajak para siswa untuk saling menghormati dan menghargai satu sama lain, serta tidak melakukan bullying kepada siapapun.

 

Aiptu Didik juga memberikan beberapa tips untuk mencegah bullying, di antaranya:

 

1. Laporkan kepada guru atau orang tua jika melihat atau mengalami bullying

2. Jangan takut untuk membantu korban bullying

3. Berani untuk mengatakan "tidak" terhadap bullying

4. Bangunlah rasa percaya diri dan harga diri

5. Belajarlah untuk menyelesaikan konflik dengan cara yang damai

 

Kegiatan sosialisasi pencegahan bullying ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para siswa baru tentang bahaya bullying dan mendorong mereka untuk berani melawan bullying. (Humas Polsek Pakualaman)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top