Thursday 11 July 2024

Bhabinkamtibmas Aipda Pitaya Hadiri Pelatihan Pomo Pami: Lestarikan Budaya Jawa

 


Bhabinkamtibmas Kelurahan Parakan Polsek Mergangsan, Aipda Pitaya, menghadiri kegiatan Pelatihan Pomo Pami di Pendopo Bangkit Maju Jaya pada hari Selasa (9/7/2024).

 

Acara ini diselenggarakan oleh Kelurahan Keparakan dan merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan budaya Jawa yang adiluhung. Pomo Pami, atau Pranatacara, merupakan seni berbicara dalam bahasa Jawa yang sering digunakan dalam berbagai acara adat, seperti pernikahan, kematian, pertemuan, perjamuan, pengajian, pentas, dan sebagainya.

 

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat tentang tata cara menjadi Pomo Pami yang baik dan benar. Diharapkan dengan pelatihan ini, budaya Jawa di wilayah Kelurahan Keparakan dapat terus terjaga dan lestari hingga ke generasi anak cucu.

 

Dalam sambutannya, Lurah Keparakan, Yusuf Ahbari, menyampaikan bahwa semakin maraknya budaya asing yang masuk ke Indonesia dapat menggerus budaya lokal dan mempengaruhi karakter bangsa Indonesia. Beliau berharap dengan pelatihan Pomo Pami ini, masyarakat dapat lebih menghargai dan melestarikan budaya Jawa.

 

Narasumber dalam pelatihan ini adalah Sumarno, seorang tokoh yang sudah kompeten dalam berbagai acara adat Jawa dengan tutur bahasanya yang halus dan memahami benar susunan suatu acara menggunakan bahasa Jawa krama Inggil.

 

Dalam kesempatannya, Aipda Pitaya menyampaikan apresiasi kepada Kelurahan Keparakan atas penyelenggaraan pelatihan Pomo Pami ini. Ia juga menyampaikan komitmen dari pihak kepolisian untuk mendukung upaya pelestarian budaya Jawa di wilayah Kelurahan Keparakan. Ia juga mengajak hadirin yang hadir untuk Bersama sama menjaga kamtibmas diwilayahnya masing masing. (Humas Polsek Mergangsan)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top