Monday 24 June 2024

Sarasehan Penguatan Nilai-nilai Kesetiakawanan Sosial Melalui Restorasi Sosial Berbasis Budaya Jawa Digelar di Kelurahan Purbayan

 


Pada hari Kamis, 13 Juni 2024, Panit Binmas Polsek kotagede Ipda Marzuki menghadiri kegiatan serangkaian acara Sarasehan bertema Penguatan Nilai-nilai Kesetiakawanan Sosial Melalui Restorasi Sosial Berbasis Budaya Jawa Untuk Mewujudkan Kesejahteraan Sosial di Pendopo Kelurahan Purbayan Kemantren Kotagede. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kelurahan Purbayan Kemantren Kotagede bersama Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Acara juga dihadiri oleh Lurah Purbayan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua Kampung, Ketua RW, Ketua Lembaga Sosial Kemasyarakatan Purbayan, tokoh masyarakat, dan warga Kelurahan Purbayan.

 

Tujuan sarasehan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Restorasi Sosial Berbasis Budaya Jawa. Memperkuat nilai-nilai kesetiakawanan sosial di masyarakat. Dan mewujudkan kesejahteraan sosial di Kelurahan Purbayan.

 

Dalam sambutannya, Lurah Purbayan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya sarasehan ini. Beliau berharap sarasehan ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya Restorasi Sosial Berbasis Budaya Jawa dalam kehidupan sehari-hari.

 

Acara sarasehan diisi dengan pemaparan materi oleh tiga narasumber yaitu Ki Abeje Janoko, Ketua Paguyuban Pranatacara Yogyakarta. Beliau menyampaikan tentang makna Restorasi Sosial dan nilai-nilainya yang terkandung dalam jiwa dan semangat bangsa Indonesia, seperti nilai kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial.

 

Nara sumber kedua Bapak Nurcahyo Nugroho, Anggota Dewan DPRD Kota Yogyakarta. Beliau mendukung dan mengapresiasi Restorasi Sosial Berbasis Budaya Jawa dan menjelaskan pentingnya melestarikan budaya Jawa yang adiluhung di masyarakat.

 

Serta naras umber ke tiga Ust. Jamiludin, S.Sos.I.MA. Beliau memaparkan tentang Tata Krama dalam Pandangan Budaya dan Agama. Beliau menjelaskan bahwa banyak nilai-nilai budaya Jawa yang selaras dengan ajaran agama dan dapat membentuk karakter orang Jawa yang positif.

 

Acara sarasehan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan doa penutup. Diharapkan sarasehan ini dapat bermanfaat bagi semua warga dan menumbuhkan kesadaran sosial akan pentingnya nilai-nilai sosial di masyarakat berbasis budaya Jawa yang adiluhung. (Humas polsek Kotagede)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top