Monday 17 June 2024

Ribuan Jemaah Padati Alun-alun Kidul Yogyakarta untuk Salat Idul Adha

 


Ribuan jemaah dari berbagai daerah memadati Alun-alun Kidul Yogyakarta untuk melaksanakan salat Idul Adha 1445 Hijriah pada Senin pagi (17/6/2024).

 

Tak hanya warga Yogyakarta, tampak pula mahasiswa dan perantau dari luar daerah yang turut meramaikan pelaksanaan salat Id di alun-alun tersebut.

 

Para jemaah dengan tertib mengikuti shaf yang telah diatur oleh panitia. Antusiasme jemaah menyebabkan area salat Id di Alun-alun Kidul meluap hingga ke ruas jalan lingkar Alun-alun.

 

Akses masuk ke Alun-alun Kidul pun dibatasi. Kendaraan bermotor tidak diperbolehkan masuk ke area alun-alun. Salat Id di Alun-alun Kidul dimulai pada pukul 06.30 WIB dan berakhir pada pukul 07.30 WIB.

 

Ustadz Drs. Zaitul Zukri bertindak sebagai imam salat Id, sedangkan Ustaz Dr. Moh Hamdi, dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, menyampaikan khutbah.

 

Dalam khutbahnya, Ustaz Dr. Moh Hamdi mengajak para jemaah untuk meneladani kisah Nabi Ibrahim dan selalu menjaga perbuatan dengan penuh ketulusan dan kerendahan hati.

 

"Idul Adha hendaknya dimaknai dengan ketulusan berkurban, kerendahan hati, dan selalu mengenang perjuangan dan pengorbanan Nabi Ibrahim AS," tuturnya.

 

Setelah salat Id selesai, para jemaah membubarkan diri dengan tertib. Kepadatan arus lalu lintas sempat terjadi di beberapa titik akses menuju jalan keluar Alun-alun Kidul.

 

Namun, Kapolsek Kraton Yogyakarta AKP Dwi Pujiastuti.SH,M.M beserta jajarannya dibantu Polresta Yogyakarta dengan sigap turun tangan mengatur arus lalu lintas sehingga kepadatan tidak berlangsung lama.

 

Dengan demikian, pelaksanaan salat Idul Adha di Alun-alun Kidul Yogyakarta berjalan dengan lancar dan aman, berkat kerjasama dari semua pihak. (Humas polsek Kraton)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top