Wednesday 19 June 2024

Garebeg Besar Keraton Yogyakarta: Tradisi Sedekah Raja dan Wujud Syukur, Sukses Digelar dengan Pengamanan Ketat

 


Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar tradisi Garebeg Besar dalam rangka memperingati Hari Raya Iduladha 1445 H/Tahun Jimawal 1957 pada hari Selasa (18/6/2024). Ratusan personel Polresta Yogyakarta diterjunkan untuk mengamankan jalannya acara ini.

 

Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Aditya Surya Dharma, S.I.K., M.H., menerjunkan ratusan personelnya untuk melakukan pengamanan di berbagai lokasi strategis dan rute yang dilalui oleh prajurit keraton. Pengamanan ini dilakukan untuk memastikan kelancaran dan keamanan acara serta untuk mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas.

 

Satu Gunungan Kakung, yang merupakan simbol sedekah raja kepada rakyat dan wujud syukur Keraton Yogyakarta, dibagikan kepada masyarakat di Alun-alun Pura Pakualaman. Gunungan ini berisi ubarampe pareden makanan dan hasil bumi. Masyarakat yang telah dengan setia dan sabar menunggu prosesi upacara tersebut langsung berebut untuk mendapatkan isi gunungan tersebut. Dalam waktu singkat, gunungan Kakung ludes dibagikan kepada masyarakat.

 

Masyarakat dari berbagai daerah datang untuk menyaksikan tradisi Garebeg Besar dan berebut isi gunungan Kakung. Mereka antusias mengikuti acara ini karena merupakan tradisi adat yang patut dilestarikan dan sebagai bentuk rasa syukur atas berkah yang telah diberikan.

 

Penghageng II KHP Widyabudaya KRT Rintaiswara menjelaskan bahwa Grebeg Keraton merupakan Hajad Dalem, sebuah upacara budaya yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari besar agama Islam. Gunungan yang dibagikan merupakan perwujudan kemakmuran keraton dan pemberian dari raja kepada rakyatnya.

 

Hajad Dalem Grebeg Besar merupakan tradisi yang diwariskan turun-temurun oleh Keraton Yogyakarta. Tradisi ini menjadi bagian penting dari budaya dan adat istiadat masyarakat Yogyakarta.

 

Garebeg Besar Keraton Yogyakarta tahun 2024 berjalan dengan lancar dan aman. Tradisi ini menjadi bukti kekayaan budaya dan keharmonisan antara Keraton Yogyakarta dengan masyarakatnya. (Humas Polresta Yogyakarta)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top