Tuesday 21 May 2024

SMP Muh 5 Yogyakarta Gelar Penyuluhan Kenakalan Remaja untuk Siswa Kelas IX, Cegah Tawuran Jelang Pengumuman Kelulusan

 


SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta mengadakan kegiatan penyuluhan tentang kenakalan remaja untuk siswa kelas IX pada hari Selasa, 21 Mei 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula SMP Muh 5 dan diikuti oleh seluruh siswa kelas IX.

 

Penyuluhan ini menghadirkan Panit 1 Binmas Polsek Kraton, Aiptu Eko Joko, yang didampingi oleh Bripka Eko Pambudi. Dalam penyuluhannya, Aiptu Eko Joko menjelaskan tentang pengertian remaja, faktor-faktor penyebab kenakalan remaja, contoh-contoh kenakalan remaja, dan cara pencegahannya.

 

Aiptu Eko Joko menjelaskan bahwa remaja adalah usia antara 12 tahun sampai dengan 21 tahun. Pada usia ini, remaja masih labil dan mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pemahaman tentang bahaya kenakalan remaja agar mereka tidak terjerumus ke dalamnya.

 

Aiptu Eko Joko juga menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kenakalan remaja, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi rasa ingin tahu yang tinggi, ingin mencoba hal baru, dan ingin mencari jati diri. Sedangkan faktor eksternal meliputi pengaruh teman sebaya, kurangnya perhatian dari orang tua, dan media sosial yang tidak digunakan dengan bijak.

 

Aiptu Eko Joko kemudian memberikan contoh-contoh kenakalan remaja, seperti tawuran, balap liar, pencurian, narkoba, dan seks bebas. Beliau menjelaskan bahwa kenakalan remaja dapat membawa dampak negatif bagi diri sendiri, orang lain, dan masyarakat.

 

Aiptu Eko Joko juga berpesan kepada para siswa kelas IX untuk tidak melakukan konvoi kelulusan karena dapat memicu tawuran antar pelajar. Beliau berharap agar seluruh siswa kelas IX SMP Muh 5 Yogyakarta dapat lulus 100% dan mendapatkan sekolah yang diinginkan.

 

Kegiatan penyuluhan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi para siswa kelas IX SMP Muh 5 Yogyakarta tentang bahaya kenakalan remaja dan mendorong mereka untuk melakukan kegiatan yang positif jelang pengumuman kelulusan. (Humas Polsek Kraton)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top