Thursday 9 June 2022

Keraton Yogyakarta Beri Izin Penggunaan Tanah SG Untuk Mako Brimob

 


Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat bersama Kepolisian Daerah (Polda) DIY melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait pemanfataan Tanah Kasultanan pada Rabu (08/06) siang di Kompleks Kasatriyan, Keraton Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut, Keraton Yogyakarta diwakili GKR Mangkubumi selaku Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Dana Datu Suyasa menandatangani perjanjian kerja sama dengan Irjen. (Pol) Asep Suhendar selaku Kapolda DIY.

Pemanfaatan tanah Kasultanan yang dimaksud pada kerja sama ini berada di Wukirharjo, Sleman dan Banjarejo, Gunungkidul dengan total luas 6 hektare. Rencananya, dua lokasi tersebut akan dibangun Markas Komando (Mako) Brimob. 

GKR Mangkubumi menuturkan, lahan yang dipinjam berada dalam kondisi kosong atau sama sekali belum dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Sementara itu, dalam amanatnya Kapolda DIY Irjen Pol Drs. Asep Suhendar, M.Si. menyampaikan bahwa tugas pokok Polri untuk memelihara keamanan, dan ketertiban, menegakkan hukum dan memberikan perlindungan, pengayoman serta pelayanan kepada masyarakat tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan dan partisipasi dari masyarakat demi terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif.

"Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya diperlukan lahan untuk membangun gedung perkantoran maupun perumahan bagiaAnggota Polri yang memadai sesuai dengan kenaikan Tipologi Polda DIY dan perkembangan masyarakat," ungkap Kapolda.

Lebih lanjut Kapolda menjelaskan, bahwa lahan perkantoran dan asrama Polri yang ada di Polda DIY ini sebagian besar adalah tanah milik Kasultanan, Pakualaman, dan tanah kas desa.

"Saya Kapolda DIY mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang telah berkenan memberikan pinjaman tanah yang sangat membantu dan mendukung dalam pelaksanaan tugas Polda DIY," tutup Kapolda DIY.

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top